Minggu, 06 April 2014

kesehatan mental tulisan pertemuan 2



KESEHATAN MENTAL
Tulisan Pertemuan 2
·         Apakah anda mempunyai  peristiwa stress yang berkesan?
Di umur saya yang hampir menginjak 20 tahun ini, rasanya saya tidak mempunyai pengalaman/peristiwa stres yang berlebih dan berkesan mengenai stress terhadap diri saya. Karna setiap pemasalahan yang ada hampir bisa diselesaikan dengan baik sehinggga tidak menjadi masalah yang berlarut-larut. Untuk peristiwa stress saya pernah merasakan tapi tidak parah dan masih bisa dibilang wajar.
Pada waktu mau UN saat saya masih SMA, beberapa bulan sebelum itu saya sempat stress memikirkan UN di tambah dengan tugas akhir yang menumpuk dengan batas waktu pengumpulan yang cepat belum lagi ujian praktik dari masing-masing mata pelajaran.
Saya memikirkan tugas-tugas itu juga harus membagi waktu saya dengan belajar untuk menghadapi UN. Saya sempat drop dan sakit dan tidak sekolah selama seminggu. Tapi peristiwa ini tidak berlangsung lama. Setelah saya sembuh dan mulai sekolah saya langsung konsultasi dengan guru BK saya tentang yang saya alami. Beliau memberikan saya nasihat dan motivasi agar tidak panik dan stress memikirkan tugas dan UN, beliau menasihati agar semuanya dibawa enjoy saja agar tidak menjadi stress yang berlebih.
·         Carilah contoh kasus stress dan berikan pendapat!
Aksi loncat dari gedung kembali dilakukan pekerja Foxconn. Kali ini, seorang wanita nekat terjun dari atap pabrik Foxconn di Longhua Park karena stres memikirkan ancaman PHK (pemutusan hubungan kerja).

Wanita ini sebelumnya mendengar kabar bahwa pabrik tempatnya bekerja akan memangkas jumlah karyawan untuk menekan biaya operasional. Sumber informasi lain menyebutkan, PHK ini juga merupakan imbas dari berkurangnya pesanan perusahaan mitra mereka seperti Apple.

Media lokal China's People's Daily Online melaporkan, wanita itu melompat dari atap pabrik sekitar pukul 9 pagi waktu setempat pada Jumat lalu. Tak sendirian, tiga rekannya juga mengancam akan melakukan aksi serupa.

detikINET kutip dari Softpedia, Rabu (3/4/2013), wanita itu dilaporkan selamat dan masih hidup. Namun belum ada informasi mengenai tiga orang lainnya yang mengancam akan melompat.

Kasus semacam ini bukanlah hal yang baru terjadi di Foxconn. Sejak 2010, belasan karyawan di sana tercatat melakukan upaya bunuh diri, bahkan beberapa di antaranya tak tertolong.

Klien Foxconn adalah perusahaan besar seperti Apple, Microsoft dan HP. Namun rekanan terbesar mereka adalah Apple. Gadget seperti iPhone dan iPad, dirakit di pabrik Foxconn.

Karenanya, banyaknya permasalahan yang menimpa Foxconn dinilai juga sebagai tanggung jawab Apple. Kondisi pabrik yang kurang la
yak dan upah tidak memadai sering dituding membuat pekerja tertekan.

Tahun lalu, CEO Apple Tim Cook berkunjung ke salah satu pabrik Foxconn. Kala itu, dia berjanji untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai dengan kenaikan upah.
Pendapat : pendapat saya kepada perusahaan harus lebih mementingkan kesejahteraan para pekerja, agar para pekerja tidak menjadi stress. Pentingnya meningkatkan mutu perusahaan adalah hal yang harus diperhatikan.
Sumber: http://inet.detik.com/read/2013/04/03/073950/2209942/398/lagi-buruh-foxconn-loncat-dari-gedung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar