Jumat, 30 November 2012


MANUSIA DAN CINTA KASIH

1.       Apa yang kalian dapatkan dari perkuliahan pada hari ini? (sabtu 10-11-12)
Pada perkuliahan hari ini membahas tentang manusia dancinta kasih. Sebelumnya kita lihat apa itu cinta kasih.
Cinta adalah sebuah perasaan yang diberikan Allah SWT kepada manusia untuk saling menicintai, saling memiliki, saling memenuhi dan saling pengertian. Cinta juga dapat diartikan sebagai perasaan seseorang terhadap lawan jenisnya karna ketertarikan terhadap lawan jenisnya, missal seperti wajah, sifat bahkan harta.
Cinta kasih dapat dilakukan dalam beberapa wujud yaitu: kasih sayang, kemesraan, pemujaan,dan belas kasihan.
Kasih sayang adalah suatu pemberian rasa cinta dari seseorang kepada orang lain atau terhadap keluarga. Kasih sayang tercipta karna adanya rasa perhatian dan penyayang. Kasih sayang tidak hanya diberikan kepada kekasih tapi juga terhadap keluarga, teman,dan sahabat.
Kemesraan adalah hal yang menggambarkan keadaan erat dan akrab. Kemesraan bersumber dari cinta dan kasih yang merupakan realisasi nyata.
Pemujaan adalah mengagungkan sesuatu yang kita senangi. Biasanya pemujaan ini dilakukan pada leluhur dalam suatu kebudayaan. Fungsi social pemujaan leluhur adalah untuk meningkatkan nilai-nilai kekeluargaan. Seperti bakti pada orang tua, kesetiaan keluarga, serta keberlangsungan garis keturunan keluarga.
Belas kasih adalah perbuatan yang berbudi, orang yang berbudi sangat dipujikan Allah SWT. Belas kasih yang dilakukan sehari-hari misalnya, memberikan sebagian uang kita terhadap pengemis. Tetapi, harus dilandasi dengan hati yang tulus ikhlas tidak hanya untuk terlihat baik dimata orang seperti yang banyak terjadi di masyarakat.

2.       Setelah mendengarkan pemaparan pada perkuliahan hari ini hal positive apa yang akan kalian terapkan dan hal negative apa yang akan kalian tinggalkan?
Hal positive: - lebih mengeratkan rasa cinta dan kasih terhadap sesama baik keluarga kekasih maupun sahabat dan orang sekitar.
                        -  dengan belajar tentang pemujaan, diharpakn kita dapat lebih memuja Allah SWT.
                        -  lebih mencitai orang tua kita dengan tulus
                        -  lebih meningkatkan kemesraan kita terhadap sesame manusia karna kemesraan dapat mencegah pertengkaran.

Hal negative: - tidak semena-mena dalam mencintai orang lain
                          - tidak memuja apapun terlalu berlebihan, apalagi memujan terhadap benda-benda yang dianggap kramat.
                         - tidak pura-pura berbelas kasihan terhadap orang lain hanya karna ingin di anggap baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar