Jumat, 19 April 2013

IPTEK dan Kehidupan Sehari-hari



DAMPAK PERKEMBANGAN IPTEK TERHADAP KEHIDUPAN SEHARI-HARI

IPTEK adalah sebuah sumber informasi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan seseorang  dibidang teknologi. Dengan kata lain, IPTEK merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi, baik itu penemuan terbaru tentang teknologi ataupun perkembangan dibidang teknologi. IPTEK saat ini telah berkembangan sangat pesat, hal itu terlihat dari banyaknya bermunculan teknologi-teknologi canggih yang dapat membantu manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari
Perkembangan IPTEK mampu memberikan kemudahan dalam kehidupan sehari-hari dan mampu membantu manusia dalam beraktifitas. Terutama yang berhubungan dengan kegiatan perindustrian dan telekomunikasi. Namun, dampak dari perkembangan IPTEK juga berdampak ke berbagai hal seperti kegiatan pertanian, yang dulunya membajak sawah dengan menggunakan alat tradisional, kini sudah menggunakan peralatan mesin.sehingga aktifitas penanaman dapat lebih cepat di laksanakan tanpa memakan waktu yang lama dan tidak pula terlalu membutuhkan tenaga yang banyak. Ini adalah contoh kecil efek positif perkembangan IPTEK di dalam membantu aktifitas manusia dalam kehidupan sehari-hari.
Perkembangan IPTEK mampu menggeserkan tugas manusia sebagai pekerja, dengan teknologi yang canggih orang membuat mesin untuk memudahkan pekerjaan mereka. Di Negara-negara maju seperti jepang, tugas sehari-hari ibu rumah tangga dapat dikerjakan oleh robot. Hal ini membuktikan bahwa teknologi mampu menggantikan tugas sehari-hari.
Dengan bantuan teknologi yang sangat canggih tak sedikit orang yang menggunakan teknologi untuk berbelanja barang kebutuhan mereka. Banyak situs-situs jual beli yang mempermudah transaksi jual-beli. Misalnya sekarang ini banyak sekali toko-toko onlineshop yang ada pada jejaring social. Dengan adanya kemudahan ini orang tidak perlu untuk mendatangi pusat perbelanjaan untuk mendapatkan apa yang ia butuhkan.
Teknologi yang canggih pun memudahkan para pelajar untuk mendapatkan informasi. Informasi yang kurang lengkap yang ada pada buku dan bisa kita cari dengan menggunakan internet yang ada. Internet juga memudahkan para pelajar untuk berkomunikasi dengan guru/dosen mereka, bahkan dapat mengirimkan tugas secara online.
Dengan adanya perkembangan yang pesat dalam dunia IPTEK seperti zaman sekarang, tidak memungkiri akan adanya dampak negative dan positif IPTEK dalam kehidupan sehari-hari. berikut adalah dampak positif dan negative dari adanya IPTEK.
Dampak negative dari adanya kemajuan IPTEK dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:.
·         IPTEK bisa merusak moral, dimana Internet menjadi media IPTEK yang dapat mempengaruhi moral seseorang. Misalnya, konten porno, kekerasan, game online, dan lain-lainnya.
·         IPTEK membuat orang semakin malas, IPTEK mempunyai tujuan mempermudah/memanjakan manusia. Jadi manusia kini semakin malas karena sudah ada teknologi yang dapat menggantikan dirinya bekerja.
·         IPTEK menimbulkan polusi. Perkembangan IPTEK memang semakin maju dan banyak dimanfaatkan. Namun disamping itu banyak sekali polusi pencemaran yang dihasilkan dari perkembangan IPTEK tersebut.
·         IPTEK menghilangkan nilai-nilai tradisional.
Dampak positif dari adanya kemajuan IPTEK dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:.
·         IPTEK mampu meringankan masalah yang dihadapi manusia.
·         IPTEK mengurangi pemakaian bahan - bahan alami yang semakin langka.
·         IPTEK membuat segala sesuatunya menjadi lebih cepat
·         IPTEK membawa manusia kearah lebih modern.
Pendapat saya, kita sebagai manusia yang berada pada zaman globalisasi terutama globalisasi pada IPTEK harus mengikuti perkembangan IPTEK agar tidak buta dengan teknologi atau yang biasa disebut “gaptek” (gagap teknologi). Tetapi, kita harus tetap pintar untuk mengikuti perkembangan IPTEK tersebut. Jangan sampai kita menyalahgunakan IPTEK dan menggunakan teknologi yang ada dari sisi negative seperti yang disebutkan diatas. Kita harus pintar memilah apakah teknologi yang kita gunakan akan dipakai untuk hal positif atau negative. Gunakan dan manfaatkan IPTEK yang ada sebaik mungkin dan sesuai kebutuhan.
                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar